Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Jumat, 10 Maret 2023


 

Judul                : Kecintaanku Membaca Dari Cover Buku Yang Menarik

Resume ke      : 27

Gelombang     : 28

Tanggal           : 10 Maret 2023

Tema               : Membuat Cover Buku Yang Menarik

Narasumber    : Fajar Tri Laksono, M.Pd.

Moderator       : Lely Suryani, S.Pd,SD.

Assalamualaikum, Wr. Wb

Tidak bisa dipungkiri kecendrungan saya membaca adalah pertama melihat dari covernya dulu, baru setelah itu melihat isi. Walaupun sudah berkali-kali melihat kata-kata bijak "Don't Judge the Book From It's Cover".

Materi untuk pertemuan ke 27 ini adalah "Membuat Cover Buku Yang Menarik", akan disampaikan oleh Bapak Fajar Tri Laksono sebagai narasumber KBMN 28 melalui aplikasi zoom.

Ibu Lely Suryani sebagai moderator alumni KBMN 23 membuka kelas dengan memperkenalkan Pak Fajar yang sudah mumpuni dibidang percoveran. 

Pak Fajar mengajar di SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo dari 2007 sampai sekarang.Berdomisili di Sidoarjo Jatim. Di lumpur Lasindo yang masih aktif sampai saat ini. Untuk pengalaman kerja dan organisasi beliau dapat dilihat pada slide berikut.



Narasumber kita malam ini adalah seorang desain grafis dan meraih banyak  prestasi terbukti dengan memenangkan banyak lomba dalam inovasi pembelajaran.



Pesan Pak Fajar, jika ingin berprestasi, maka fokuslah pada satu skill. Jangan pernah lelah berkarya.

Materi pertama dari Pak Fajar adalah salah satu aspek penting dalam proses penerbitan buku yaitu cover. Karena cover buku yang menarik akan mampu menarik perhatian calon pembaca sehingga mere ingin membeli dan membaca buku tersebut.

Tips untuk membuat cover buku yang menarik:
- Ketahui target pembaca. Tentu saja akan berbeda desain cover buku yang menarik untuk anak-anak dan dewasa. Ciptakan cover buku yang cocok dengan selera mereka.
- Pemilihan warna yang cocok pada cover buku juga dapat meningkatkan daya tarik dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.
- Tipografi yang tepat juga dapat meningkatkan kesan estetika pada cover buku. Pastikan jenis dan ukuran huruf sesuai dengan karakter buku.
- Pilihlah gambar yang relevan dengan isi buku, gambar dengan kualitas baik yang tidak blur saat diprint.
- Hindari membuatnya terlalu ramai dan penuh dengasn elemen yang tidak perlu.
- Tanyakan pendapat keluarga atau teman sebagai masukan untuk perbaikan desain cover kita.

Menurut Pak Fajar, ada etika dan aturan terkait hak cipta dalam pengambilan atau pengunduhan gambar orang lain untuk cover yang kita buat. Kita tidak bisa seenaknya mencomot atau memotret gambar lalu menempelkan ke dalam blog atau menyematkan kedalam buku yang diterbitkan. Karena gambar dari situs-situs penyedia gambar di youtube ada lisensi yang mengikutinya.

Ada lisensi personal use artinya hanya untuk kepentingan pribadi dan tidak boleh disebarluaskan atau dikomersilkan. Namun jika kita menjadi member premium, kita dapat mendownload di website penyedia gambar, video dan desain grafis lainnya dengan aman dan kekhawatiran terkena klaim copyright kontributor, walaupun menurut sebagian orang menjadi member premium terasa cukup mahal. Padahal lebih baik mengeluarkan sedikit biaya daripada pelanggaran lisensi.

Selanjutnya Pak Fajar mengatakan seorang penulis yang baik adalah mereka yang menghargai dan menghormati karya orang lain. Mencantumkan sumber gambar atau segala atribut yang diberikan oleh kontributor.

Menurut Suwarno (2011:77) struktur atau bagian-bagian buku secara umum adalah:
- Cover atau sampul buku yang merupakan bagian pelindung paling luar buku yang berguna untuk penyajian judul halaman publikasi, nama penulis, penerbit yang disertai gambar grafis untuk mendukung daya tarik pembaca.

Jadi memang perlu diperhatikan cover buku yang kita terbitkan harus bisa memukau calon pembaca. Pak Fajar adalah orang yang tepat dalam hal ini karena beliau  sangat menguasai ilmu desain grafis.Serahkan segala sesuatunya pada ahlinya. Para penulis bisa memesan cover pada beliau dengan memberikan sinopsis, sehingga tidak perlu membaca isi buku secara keseluruhan. Kelengkapan sinopsis atau deskripsi yang jelas, akan mengurangi potensi revisi.

Demikianlah resume untuk pertemuan via zoom kali ini, mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga tetap bisa memberi manfaat. Salam literasi.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar