Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Kamis, 26 Januari 2023

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahap 3 Oleh Siswa- siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh


Dengan terpilihnya Bapak Jamaludin, S. Pd sebagai Kepala Sekolah di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh, periode Januari 2022 dengan posisi beliau sebagai Pengajar Praktek, maka secara langsung sekolah kita menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. 

Untuk menerapkan kurikulum ini, sangat dituntut kreatifitas dari guru dan murid dalam rangka menyukseskan program- program kerja yang ada. Salah satunya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang lebih dikenal dengan P5.

SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh telah melaksanakan P5 mulai dari kegiatan "Demokrasi Berkelanjutan", dengan dikoordinatori oleh Ibu Mulyadarti, S. Pd "Kewirausahaan" dikoordinatori oleh Ibu Dewi Mulyani, S. Si dan yang saat ini sedang berlangsung adalah " Gaya Hidup Berkelanjutan" dibawah kooordinasi Ibu Hamidah, S. Pd.

Dua kegiatan yang sudah berlangsung sangat dirasakan manfaatnya oleh siswa- siswa kelas X karena memang mereka dilibatkan untuk praktek secara langsung. Generasi penerus kita tersebut sudah mampu mempraktekkan proses Pemilu melalui pembiasaan pada Suara Demokrasi dan telah mampu menghasilkan bermacam- macam produk makanan melalui pembimbing- pembimbing projek yang dengan sabar telah melatih anak- anak kita dari tingkat dasar.

Berbagai upaya dilakukan koordinator dan pembimbing untuk menyemangati peserta didik agar betul- betul menghayati kegiatan mereka sehingga berdampak pada kehidupan sosialnya. Untuk Gaya Hidup Berkelanjutan diawali dengan kegiatan pengambilan sampah dari rumah masyarakat yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2023. Namun sebelumnya diawali dengan pengambilan absen oleh guru pembimbing, pendataan siswa yang membawa bibit tanaman dan pengumpulan siswa yang membawa sarapan.

Setelah siswa dibariskan secara teratur, masing- masing kelas diberikan 2 kantong plastik untuk pengumpulan sampah, satu untuk sampah organik dan satu untuk sampah anorganik. Setelah masing- masing pendamping berdiri di samping barisan, Bapak Jamaludin selaku Kepala Sekolah memberikan aba- aba agar siswa segera mulai berjalan.

Perjalanan dilakukan mulai dari gerbang sekolah, belok ke kanan menyusuri perumahan penduduk dan disaat itulah siswa kami dengan bersemangat memilih sampah- sampah sepanjang jalan dan bahkan sampai langsung meminta kepada warga agar sampah mereka diperkenankan untuk diangkut.









Tentu saja masyarakat sangat gembira dan menyambut positif kegiatan ini serta memberikan support kepada siswa- siswa kami agar tetap semangat. Perjalanan kami lanjutkan dan siswa- siswa kreatif kami meminta tambahan karung kepada masyarakat sehingga akhirnya kelas yang saya bimbing pada waktu itu kelas X4, berhasil membawa sampah dari masyarakat sebanyak 5 karung dan kami keluar sebagai juara 1 pengumpul sampah terbanyak. Dan kita rayakan dengan berfoto bersama.




Demikianlah informasi terkait kegiatan P5 dari sekolah tercinta kami, SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Semoga menginspirasi. Salam Literasi.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah tulisan yang sangat kreatif, teruslah menulis untuk mengasah dan mempertajam kemamouan dalam menuangkan ide ide kraeatifπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak Pak. InsyaAllah akan selalu mencoba . Sangat terinspirasi untuk menulis karena mengikuti kelas menulis sudah pertemuan yang ke 8 dari 30 pertemuan. Semoga bisa bertahan Pak.

    BalasHapus
  3. Mantaappp kak. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus