Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Senin, 27 Februari 2023

 


Judul               : Menulislah Di Majalah Suara Guru

Resume ke      : 22

Gelombang     : 28

Tanggal           : 27 Februari 2023

Tema               : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber    : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd.

Moderator       : Sim Chung Wei, S.P.

Assalamualaikum, Wr. Wb

Pertemuan KBMN PGRI 28 malam ini berlangsung melalui zoom meeting pada jam 19.30 dengan narasumber Bapak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd., dan moderator Bapak Sim Chung Wei.

Moderator yang akrab disapa Koko Sim mulai memperkenalkan Narasumber, Bapak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd. adalah seorang guru di SMPN 1 Kemang, Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Pengurus Besar PGRI dan juga redaktur pelaksana pada majalah Suara Guru PB-PGRI. Beliau telah menulis sebanyak 20 buku.

Narasumber memperkenalkan majalah Nasional Suara Guru yang terdiri dari 76 halaman full colour dengan kertas glossy. Harga hanya Rp.25000. Ongkos kirimnya bisa lebih mahal dari harga jika dipesan satu-satu. Mulai terbit pada tahun 1949 sebulan sekali. SK resmi tahun 1966.

Untuk menulis di Suara Guru,perbanyaklah membaca/ jadikan membaca sebagai budaya, sehingga tulisan kita semakin bermutu.

Untuk kolom opini, yang diterima adalah: 

1. Tulisan asli, bukan plagiat/ mengambil tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya walaupun tulisannya biasa-biasa saja. Jadi yang sangat diutamakan adalah kejujuran.

2. Tidak boleh menyerang seseorang yang bersifat sara. Sebab majalah ini bersifat organisasi profesi perjuangan untuk menegakkan NKRI dan Pancasila .

3. Harus aktual yang bersifat pendidikan dan dituliskan dengan bahasa yang populer. Tidak seperti Thesis yang banyak kutipan, komunikatif, lugas dan enak dibaca. 

4. Banyak kata 700 kata, Times New Roman, ukuran huruf 12.

Bagi yang ingin mengirimkan pengalaman belajar bisa di kirim ke kolom Praktek Baik. Contoh, Penggunaan Quizziz pada paper base dan sebagainya.

Bagi sekolah yang ingin melaporkan kegiatan di sekolah, kirim ke liputan sekolah.

Kirim ke : majalah.suaraguru@gmail.com

Untuk membeli/berlangganan majalah Suara Guru: Hubungi Bu Widya 0878-8228-9299

 Tulisan akan dimuat, tapi butuh kesabaran karena ada daftar tunggu. Tulisan yang dimuat akan dibaca oleh pembaca di seluruh Nusantara.

Pertanyaan 1 dari Bapak Safrudin Marpaung Sumut

Apakah tidak ada kerjasama dari penerbit Majalah Suara Guru dengan sekolah agar berlangganan majalah tersebut. 

Jawab 1:  Akan dikirimkan nomor marketing Majalah Suara Guru dan akan dilakukan pengiriman tanpa ongkos kirim jika dalam partai banyak. Bisa juga berkoordinasi dengan pengurus daerah untuk berlangganan secara kolektif.

Pertanyaan 2 dari Ibu Wahyuning Lombok

Bisakah mengirimkan karya siswa ke Majalah Suara Guru.

Jawab 2: Sampai saat ini belum tersedia untuk siswa, tapi akan diusulkan.

Pertanyaan 3 dari Ibu Ratna 

Berapa minimal kata untuk Liputan Sekolah

Jawab 3 :400 kata sudah dengan foto, untuk satu halaman.

Pertanyaan 4:Apakah Suara Guru mengadakan lomba-lomba menulis?

Jawab 4: Menulis diadakan untuk guru dengan hadiah yang cukup besar.

Pertanyaan 5: Berapa minimal pembelian majalah? dan pengirimannya dari mana

Jawab 5:Minimal pembelian satu eksemplar tapi bayar ongkir. Yang tidak dikenai ongkir adalah jika pemesanan antar 50 sampai 100 eksemplar. Pengirimannya dari Jakarta.

Pengalaman Ibu Nurlaelah tentang   Suara Guru yang sudah berlangganan selama dua tahun. Awalnya beliau tertarik karena tidak ada kolom puisi, lalu mencoba mengirim puisi. Lama belum dimuat, tapi akhirnya dimuat juga dan beliau sangat bangga.

Menurut beliau, penampilan majalah sangat bagus dan kontennya banyak memuat tentang PGRI dan kita bisa mengetahui berita-berita aktual tentang guru .Diharapkan juga informasi Suara Guru sampai ke Kamenag, sehingga madrasah- madrasah juga bisa berlangganan majalah.

Jadi majalah Suara Guru bisa dijadikan oleh para guru sebagai ajang untuk berekpresi, sebagai aktualisasi diri yang juga bisa dijadikan sarana untuk naik pangkat karena ber ISSN.Bisa juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan objek wisata bagi yang hobi traveling.

Kelas ditutup oleh Pak Catur dengan closing statemennya tentang bertahannya Majalah Suara Guru adalah berkat adanya pelanggan dari para guru dan kontribusi para guru yang mengisi rubrik-rubrik yang disediakan. Karena dunia literasi adalah tanggung jawab kita sebagai guru, dosen dan semua pendidik.

Kualitas majalah yang selalu dipertahankan serta harga yang belum ada peningkatan merupakan usaha dari Majalah Suara Guru yang luar biasa untuk menjaga kepercayaan para pelanggan agar tetap setia dengan majalah Suara Guru. 

Alhamdulillah walaupun dengan usaha yang cukup keras untuk merangkum materi malam ini, akhirnya berhasil juga walaupun dengan hasil yang sangat sederhana. Saya mendapat tambahan ilmu lagi malam ini tentang Majalah Suara Guru yang ternyata sangat efektif untuk menampung kreatifitas guru dalam menulis di berbagai jenis rubrik.




12 komentar: