Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Senin, 09 Januari 2023

 


Judul              : Pertemuan Pertama yang Mendebarkan

Resume ke     : 1

Gelombang    : 28

Tanggal          : 9 Januari 2023

Tema              : Menulis Setiap Hari

Narasumber    : Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd ( Om Jay)

Moderator       : Dail Maruf, M.Pd

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh, 

             Kegiatan pertama KBMN 28 malam ini dimulai dengan perkenalan dari Bapak dail Ma'ruf selaku moderator yang menginformasikan bahwa penayangan materi akan berlangsung selama 2 jam. Dan diawali dengan berdo'a bersama. Sedangkan materi pertama ini berjudul "Menulislah Setiap Hari", dengan narasumbernya adalah bapak Dr. Wijaya Kusumah, seorang Teacher, Trainer, Blogger, dan Motivator. Kegiatannya terdiri atas 2 sesi yaitu penyampaian materi dan sesi tanya jawab.

            Bapak Dr. Wijaya Kusumah yang akrab disapa dengan Om Jay memulai materinya dengan harapan agar seluruh peserta KBMN 28 mampu menghasilkan buku solo. Perkenankanlah Ya Allah. Selanjutnya beliau membagikan CV nya melalui link. saya mendapatkan informasi tentang beliau yang bernama lengkap Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, lahir di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972. Pendidikan S1 beliau adalah di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro  IKIP Jakarta dan S2 di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ. Beliau melanjutkan ke S3 Program studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ dan mendapatkan gelar doktor pendidikan tahun 2022 dengan judul desertasi Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa.

            Sejak tahun 1992, hingga saat ini, Om Jay berkarier sebagai pengajar bidang studi TIK/ INFORMATIKA di SMP Labschool Jakarta. Ternyata beliau juga sangat aktif di banyak organisasi. Saya sangat terkesima dengan prestasi dan karya- karya beliau yang diterbitkan pada tingkat Nasional dalam jumlah yang sangat banyak. Tidak cukup sampai disitu, beliau ternyata juga adalah penulis buku TIK kelas 7,8 dan 9 SMP dan koordinator untuk penyusunan buku Informatika SD, SMP, dan SMA. Keberhasilan beliau ternyata selalu diiringi dengan motto " Kejujuran Kunci Keberhasilan dan Kesuksesan"

            Kekaguman saya semakin  bertambah ketika melanjutkan membaca CV beliau, yang ternyata juga telah berhasil melahirkan beberapa blog dan l19 prestasi ilmiah guru .Om Jay telah menulis mengenai berbagi ilmu PTK, Pemanfaatan TIK dan Edupreneurship yang telah beliau bagikan sebanyak 145 link.  

            Salah satu buku Om Jay yang sangat terkenal adalah "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi!" di https://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-danbuktikan-apa.html. Dalam buku tersebut beliau mengatakan bahwa ada empat kemahiran berbahasa. yaitu  mendengar,  berbicara, menulis. Jadi semenjak Om Jay memiliki blog pribadi, beliau selalu berusaha setiap hari mengisi blog dengan tulisan- tulisannya. Jika tidak menulis dalam sehari, serasa ada yang kurang dalam diri beliau.

            Alhamdulillah, bergabung dengan KBMN 28 telah membuka mata saya betapa pentingnya blog ini. Kata Om Jay, Blog adalah alat rekam yang ajaib, akan anda rasakan jika bisa mengelola blog dengan baik. Yang menjadi kendala pada penulisan di blog ini adalah bagaimana  bisa mengisinya dengan tulisan- tulisan yang enak dibaca orang lain. 

            Untuk menulis, kita harus rajin membaca. Dari membaca kita akan punya ide untuk menulis. Ketika ide muncul, segeralah menulis tanpa mengedit terlebih dahulu. pengeditan bisa dilakukan ketika seluruh ide yang ada di dalam otak telah tertuang ke dalam tulisan. Jangan ragu dan takut salah, karena dengan menulis kita akan melatih mata dan bibir agar bersinergi dengan kedua tangan. Tulisan yang bermutu akan lahir dari otak, mata, bibir dan kedua tangan yang sudah menyatu. Dengan tulisan yang bermutu lah kita akan mampu menarik hati pembaca.

            Resume ini adalah tulisan pertama yang akan saya posting di blog, dan saya yakin masih jauh dari sempurna. Tapi yang menjadi tekad saya adalah, saya harus menulis. Karena saya tahu, tulisan yang baik itu butuh proses, tidak mungkin langsung jadi,  penulis harus menguasai editing dan  harus membiasakan menuliskan ide terlebih dahulu, setelah itu baru mengedit. Jika kita tidak ingin tulisan kita terasa hambar seperti sayur tanpa garam, tulislah apa saja yang menarik hati dan tulislah apa yang kita kuasai.

            Ada satu lagi tulisan Om Jay yang bertajuk " Buatlah Buku Sebelum Mati" yang membuat saya tersadar akan pentingnya buku untuk anak cucu kita. Caranya adalah dengan mencicil tulisan setiap hari di blog. Kapan seseorang bisa menulis? Bisa pagi, siang, sore, bahkan malam hari. Ada juga yang kalau lagi ada mood. dan cara yang paling mudah adalah dengan menuliskan apa yang kita alami pada saat ini. Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain.

            Manfaat menulis adalah kita bisa mengaktualisasikan diri dan menyampaikan pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Menulis tentu harus dimulai dengan membaca karena bila anda rabun membaca anda akan lumpuh menulis. Mengapa banyak orang yang tidak mau dan tidak mampu menulis? adalah karena  malas membaca tulisan orang lain. Dengan banyak membaca berarti kita telah banyak mempelajari hal- hal baru. ibarat dalam makanan, membaca tulisan orang itu adalah makan dan minum, lalu menulis adalah energi yang dihasilkan. Menulislah dengan hati, maka akan bertemu dengan hati. 

            Terakhir pesan Om Jay adalah menulislah dengan ikhlas dan berfikir sebelum memposting itu penting. 

            

            

            

            

            

6 komentar: