Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Jumat, 24 Februari 2023

 


Judul               : Ingin Melejitkan Prestasi Dengan Menulis?

Resume ke      : 21

Gelombang     : 28

Tanggal           : 24 Februari 2023

Tema               : Melejitkan Prestasi Dengan Menulis

Narasumber    : Rita Wati, S.KOM

Moderator       : Helwiyah, S.Pd,M.M

Assalamualaikum, Wr. Wb

Sepertiga putaran terakhir KBMN PGRI 28 jatuh pada malam ini. Adalah suatu perjuangan yang berat dan membutuhkan konsistensi untuk bisa sampai ke tahap ini.

Alhamdulillah, Sang Maha Pencipta masih memberikan segalanya , sehingga pertemuan ke 21 siap untuk saya ikuti dan semoga saya bisa meresumenya dengan baik.

Ibu Helwiyah atau yang akrab disapa dengan Bu Ewi sebagai moderator malam ini sangat on time membuka kelas dan langsung memompa semangat kami dengan sebuah puisi.


Aku ,kau dan kita

Aku kau dan kita

Tak ada kata senja untuk sebuah asa

Selalu ada ada tuk sebuah upaya...

Karena.   

Aku. ....Kau dan kita

Adaah guru perkasa


Disini kita bekerjasama

Disini kita berkarya

Disini kita membangun bangsa

Bangkitkan semangat belajar

Dengan tanpa kata tiada ...


Aku,kau dan kita

Walau merambat dan tersendat

Yakinkan diri menjadi pribadi hebat

Karena...

Tempaan waktu begitu pesat

Bagai panah yang melesat

Meninggalkan yang  diam ditempat


Aku,kau dan kita

Akan terus berkembang dengan kreasi

Mari menata hati

Mari bangun visi dan misi

Mari siapkan diri

Membangun negeri yang menanti

Partisipasi aku,kau dan kita...

Di bidang literasi....


Helwiyah

Puisi yang dijabarkan dari tema kali ini yaitu seputar menulis dan prestasi. Bu Helwiyah selanjutnya memimpin kelas untuk berdoa menurut keyakinan masing-masing.

Profil narasumber kami terima dari Bu Helwiyah dalam bentuk link.



Terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.

Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali.

 PENDIDIKAN

Sedang menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta

 AKTIVITAS

  • Teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo)
  • Blogger
  • Writer
  • Moderator
  • Youtuber

 HP : 085219585451

Email : catatangurumilenial@gmail.com

Orcid ID

0000-0003-4149-7474

Blog :

 BUKU

  • 25 Trik Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku
  • Merajut Asa Sejak Belia
  • 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring
  • Tiara

 









KOLABORASI

Buku duet bersama Prof.Richardus Eko Indrajit dengan judul Knowledge Management (Mengintegrasikan Digital Tools Dalam Rencana Pembelajaran) Penerbit Andi

 


ANTOLOGI

  • Bunga Rampai (Mengatasi Learningloss) Kemendikbudristek
  • Pena Digital Guru Milenial
  • Pesona Kearifan Lokal Nusantara
  • The Meaning Full True Stories (Kisah Inspirasi Penggugah Jiwa) Kurator
  • Senandung Guru Jilid 1 (Kurator)
  • Senandung Guru Jilid 2 (Kurator)
  • Kurikulum Ngumpet
  • Pesona Nusantara (Kurator)
  • Sejuta Pesona Nusantara (Kurator)
  • Membongkar Rahasia Menulis Ala Guru Blogger

 PRESTASI 2022

  1. Peserta beasiswa Microdential Digital Skill CS50 Harvard University 
  2. Juara 1 Mini Challenge Telkom Office Tour
  3. Juara 1 Blog Competition IndiHome 2022 (Kategori Pendidikan)
  4. Juara 2 Blog Competition SATUGURU
  5. Juara Favorit ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition
  6. Juara Favorit 1 ASUS Expertbook B3 Flip
  7. Participant and Speaker in ALCoB ICT Virtual Training 2022 (160 Teachers from Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipphines) Host South Korea.
  8. Penghargaan PGRI Kab.Jembrana

PRESTASI 2021

  1. Penghargaan Kemendikbudristek sebagai Peserta Terbaik Guru SMP Inspiratif Tahun 2021
  2. Juara 1 Lomba Blog Tingkat Nasional dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Tahuun 2021 (PGRI)
  3. Juara 2 Lomba Blog Untuk Guru & Dosen Tk.Nasional Tahun 2021 (PANDI dan SATUGURU)
  4. Peringkat 9 Lomba Menulis di Blog Tingkat Nasional bulan Februari 2021 ( PGRI)
  5. 12 Besar Lomba Pembuatan Video Pembelajaran Tk.Nasional (AISEI)
  6. Penghargaan Bupati Jembrana Peserta Terbaik HGN 2021

PRESTASI 2020
  1. Peringkat 8 Lomba Menulis di Blog Tingkat Nasional dalam rangka HUT RI yang ke-75 tahun 2020. (PGRI)
PRESTASI 2013
  1. Finalis English Essay Competition for Teacher tahun 2013 Tingkat Provinsi Bali.
PRESTASI < 2010
  1. Wisuda Terbaik Sarjana
  2. Juara 1 English Speech Contest Tk Mahasiswa

NARASUMBER

  • Narasumber Nasional Kegiatan Belajar Menulis Gel 16-27 (PGRI )
  • Narasumber Komunitas Cakrawala Blogger Nasional.
  • Narasumber Nasional Workshop Pembuatan Blog Untuk Pemula session 1 & 2 Komunitas AISEI Writing Club.
  • Narasumber Seminar Nasional Komunitas Guru Pena
  • Narasumber Nasional Public Speaking for Teacher (PGRI)
  • NarasumberNasional Guru Motivator Literasi Digital (GMLD)
  • Narasumber Nasional Komunitas Menulis Sagusapop
  • Narasumber Nasional NGUPING SATUGURU (PANDI & SATUGURU)
  • Narasumber Nasional LKP HARVEST
  • Narasumber Pelatihan Menulis YAPI (Mahasiswa Asrama YAPI Jakarta)
  • Narasumber  (ICMI Orda Jembrana)
  • Narasumber Nasional Kelas Inovasi (PGRI)

Waaw...ternyata Ibu Narasumber hebat ini berasal dari Sumatera Barat juga. Sekampuang kita Bu...semoga kepiawaian Ibu dalam menulis bisa menular ke saya. Beliau merupakan alumni KBMN gelombang 10. 

Berbeda dari kelas sebelumnya, kali ini kelas tidak dikunci admin karena Bu Rita langsung terbuka untuk menjawab pertanyaan peserta.

Langsung saja Bu Rita diberondong oleh pertanyaan-pertanyaan antara lain:

Dari Bu Feni Rajab:

Masha Alloh ibu Rita masih muda prestasinya segudang kalau boleh saya tahu ibu makannya apa ya?? 🤭sungguh kagum sekali saya pada bu Rita ....Bu Ewi aku padamu juga

Jawab : Makannya dulu sebelum KBM yang enak-enak bu, tapi smeenjak ikut kBM gak karuan karena pengennya nuliis aja 😇

Dari Bu Farida:

Assalamualaikum Bunda 🙏 perkenalkan saya  Farida dari Musi Rawas 🙏

Prestasi bunda Rita sebagai penulis tentunya banyak, jadi penasaran nih Bunda 👍👍

Dari Pak Evridus:

Saya Evrid M pserta KBMN 28 dar NTT

Ijin bertanya kepda narsum malam ini,

Ukuran prestasi dalam hal menulis itu, apa saja bu?

Jawab: Salam kenal Pak Evrid ukuran prestasi dalam menulis relatif ya Bpk/ibu kalau dulu ukuran saya tulisan saya dibaca Om Jay dan dikomentari aja sudah senang banget apalagi dapat hadiah buku tapi sekarang ukuran saya beda prestasi ya juara

Dari Bu Wahyuning:

Izin bertanya, saya wahyuning dari Jakarta. Bagaimana menjaga spirit menulis di sela-sela kesibukan?

Jawab:  Baik Bu Wahyuning, pertanyaan ini hampir saya dapatkan disetiap KBM. Kalau sebelumnya saya menyematkan jika tidak sehari , dua hari kemudian berubah lagi hingga kini saya terfokus pada kuliah 2, kerja sehingga waktu menulis saya sangat terkorbankan

 Kembali ke ibu ya manajemen waktu

 spirit bisa dijaga melihat semangat teman yang konsisten menulis

Dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Ibu Rita melanjutkan dengan mengirimkan 2 buah foto:




Bu Rita mengatakan sengaja mengangkat tema "Melejitkan Prestasi Dengan Menulis" untuk menyemangati para pegiat literasi supaya bisa berprestasi diluar ekpektasi. Prestasi, adalah satu kata yang diharapkan bisa diraih oleh semua orang dengan banyak berlatih, berdoa, berusaha dan kerja keras.

Narasumber cantik kita ini mengikuti lomba blog sejak 2 tahun belakangan dan telah membuahkan hasil. Selanjutnya mulai mencoba mengikuti beberapa pendaftaran internasional.

Beliau juga mengikuti kegiatan AIV bersama 160 guru dari Malaysia, Indonesia, Thailand dan Filipina. Pada saat penutupan acara beliau mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk mempresentasikan proyek yang telah diikuti selama 20 hari.


Kegiatan tersebut beliau update memlalui youtube


Bu Rita ternyata juga disibukkan dengan kuliah magister dan belajar di CS50 Harvard University.


Kesempatan yang didapat Bu Rita semenjak menulis adalah bisa berbagi pengalaman terutama dalam hal menulis, blog dan guru inspiratif serta tutorial.




Pertanyaan terus mengalir dari peserta dan dijawab satu persatu oleh Bu Rita.

Ibu saya Dewi dari Seruyan Kalteng, selama ini saya senang menulis fiksi, sebagai guru dan juga penulis apakah kita harus menguasai semua bentuk tulisan atau cukup berada di ranah yang memang kita sukai saja?

Tidak dipungkiri kebanyakan kita yang wanita pasti awalnya senang menulis fiksi , it's ok kembangkan saja. hanya saja sebagai guru kita juga dituntut menulis ilmiah, seperti PTK, essay dll tinggal disesuaikan saja.

Endang Ratna juwita dari Bogor,ijin bertanya:
1.Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya?
2.Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan?
3.Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu?🙏
terima kasih

1 Cara saya membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat saya usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat saya tulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketia saya megikuti lomba tulisan itu saya tulisa perlahan-lahan.

2. Kebetulan semangat saya membara pada tahun 2021 jadi buku saya hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehinga ketika saya flashback itulah yang membuat saya terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP

3. Harus berani mencoba mengikuti lomba terutama ketika lomba itu sesuai dengan passion kita.

Imro'atus Sholihah_Jombang
1. Bgmn cara melejitkan prestasi dengan menulis?
2. Bgmn cara fokus menulis hingga berprestasi?




 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh...

Izin bertanya Bu guru..
Fokus menulis itu bagaimana menumbuhkan
Jalan alur cerita agar di menggerti bagi pembaca
Nama Latifah dari Jakarta utara

Walaikumussalam wr.wb tulis aja bu hingga tuntas ide yang ada dipikiran kemudian setelah selesai baca berulang-ulang ketika kurang bahan banyak membaca yang sesuai ide kemduian minta tolong sama teman untuk membaca tulisan kita dari pembaca kita ketahui apakah tulisa kita itu sudah dimengerti atau masih perlu diperbaiki

Saya Eka Yulia dari Seruyan, Kalteng. Izin bertanya untuk Bu Rita. Selama ibu aktif menulis, apakah Ibu pernah mengalami writer's block? dab bagaimana Ibu Rita mengatasinya?
Terimakasih.

Tentu Bu, apalagi sekarang gak  fokus hingga bbrp kali sudah tulis ide untuk lomba gak tuntas akhirnya ambil skala prioritas aja

Assalaamu'alaikum....bu rita, saya pak zein jogja...mungkin bisa berbagi cara-cara membuat blog yang baik dan menginspirasi dalam dunia pendidikan serta bisa dilombakan termasuk dalam membuat gambar di layar depan.mksh

Walaikumsalam Pak Zein untuk kategori blog yang baik dan menginspirasi itu tidak ada tolak ukur ya, blog yang baik itu blog yang sering update itulah blog yang baik, untuk desain dan sebagainya sambil jalan point utama dalam lomba itu adalah tulisan yang berkualitas dan jika ikngin fokus gunakan domain berbayar seperti.com
 semua blog yang bpk/ibu punya bisa diikutsertakan lomba jangan khawatir
semoga nanti Om Jay mengadakan lomba blog untuk menyemangati peserta

Perkenalkan nama saya Dyah, ingin bertanya pernahkah ibu kalah dalam perlombaan sebelum akhirnya meraih banyak juara? Jika iya, bagaimana cara ibu menumbuhkan semangat ikut lomba lagi setelah kekalahan (karena saya pernah mengalami hal tsb), jika tidak, adakah tips untuk bisa PD lagi?

tentu saja mbk semua yang saya dapat tidak instan
semua berporses

saya Candra dari Jakarta 
izin bertanya 
apakah bunda Rita memiliki opsesi yang belum tercapai ,,kl ada apa kah itu

terimakasih bu Candra sya dari dulu berkeinginan untuk mendapatkan kesempatan pertukaran guru ke luar negeri , saat ini yang dari luar negeri yang sering kesekolah saya tapi semenjka saya belajar di Harvard yang sangat melelahkan saya jadi berpikir 2 kali 😊.

Saya Suhaimi, ingin bertanya, saat ini dalam satu hari berapa artikel atau tulisan yang ditulis.
2. Waktu yang sering digunakan untuk fokus menulis kapan ?

Mohon maaf bpk atau ibu ya? Saat ini jujurli saya blm fokus menulis. Saya bandingkan ktka Mash Jd pemelajar di KBM saya mengikuti tips dr Om Jay menulis lah setiap hari dan buktikan apa yg terjadi

Saya, agusti  dari Jakarta, 

Saya pemula banget, gabung di KBMN saja setelah 3 pertemuan. 
Semangat ibu membakar🔥
Semangat saya, 
Namun, saya masih tertatih-tatih menulis untuk menyamai langkah-langkah teman-teman disini.  
Ibarat kendaraan, mungkin teman-teman adalah kereta, sedangkan saya bersepeda 🚴... Mengayuh laju namun masih tertinggal. 
Mohon quote of the day, buat semakin terbakar bu 😨😰😔

Nothing is impossible in this world what you look upon today tomorrow may be acomplished fact

Bu Helwiyah menyelipkan sebuah pantun

Kuli tinta makan nasi
Di Pantai Glagah banyak wisatawan 
Liat bu rita banyak prestasi
Hati tergugah  ingin ikutan

Lalu Bu Rita menayangkan sebuah link untuk Menemukan dan Koreksi Cepat Typo Tulisan

https://youtu.be/MJq_Sf-SDIM

Masih ada materi selanjutnya tentang manfaat menulis dari segi kesehatan.


Dan masalah penulis pemula



Salah seorang peserta yang super kreatif bernama Pak Agus menampilkan karyanya dari quote yang diberikan Bu Rita untuk salah seorang penanya tadi dengan judul "My Quote of the Day"




Sahabat literasiku di seluruh nusantara, demikianlah resume saya pada pertemuan ke 21 ini, semoga bermanfaat.

10 komentar: