Resume ke : 20
Gelombang : 28
Tanggal : 22 Februari 2023
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, S.E., M.M
Moderator : Purbaniasita, S.Pd.
Assalamualaikum, Wr. Wb
I hate not being on time. Itulah moto yang saya warisi dari almarhum Ayah tercinta sehingga tidak pernah ingin terlambat dalam hal apapun. Termasuk pada KBMN PGRI 28 pertemuan ke 20 ini, yang bertema Pemasaran Buku.
Tidak sabar ingin mendengarkan materi yang sangat didambakan oleh setiap penulis dalam rangka aktualisasi diri atas karya yang telah ditorehkan.
Moderator yang ternyata akrab disapa Bu Sita mulai membuka kelas pada jam 19.08. Beliau memompa semangat kami dengan kalimat "Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya".
Bu Sita selanjutnya memberikan kutipan:"Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" Ali bin Abu Thalib.
Kata Bu Sita, buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Hasil tulisan kita tentu saja ingin bermuara menjadi sebuah buku, tetapi setelahnya bingung bagaimana cara memasarkan buku yang sudah di cetak.
Itulah sebabnya sengaja diundang narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku. Beliau adalah Bapak Agus Subardana, S.E., M.M. dengan sapaan akrab Bapak Agus.
*Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI
*Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan 📖✍️
*Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala Jakarta
*Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau.
Pak Agus hadir di kelas kita dan mengawalinya dengan sebuah pantun.
Singgah sebentar di rumah Kerabat
Meminta buah Apel dan Pisang Banana
Untuk hadirin Bpk Ibu Guru yang Hebat
Salam Hormat dari Saya Agust Subardana
Sakit Gigi jangan di tahan
Karena banyak mengunyah makaroni
Puji Syukur Kepada Tuhan
Kita bertemu di Grup Belajar Menulis malam ini
Jangan Ngebut Kalau Naik Sepeda Motor
Dari Kota Jogja membawa buah Mengkudu
Terimakasih kepada Moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran Buku
Menurut Pak agus, Buku merupakan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini, sehingga menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Untuk itu diperlukan strategi pemasaran yang sangat dipengaruhi oleh banyak aspek. Dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan yang dikelompokkan menjadi kategori buku.
Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Lalu dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan.
Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Dan penerbit ANDI Offset telah menjalankan strategi Mikro dan Makro karena Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku.
Strategi Pemasaran buku dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
1. Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (ON LINE):
Berawal ketika Covid 19 melanda dunia, yang tidak memungkinkan melakukan pengiklanan dengan brosur atau baliho. Internetlah yang mempermudah untuk melakukan Digital Marketing.
Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
1. Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Pantun juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi jualan online untuk menarik minat konsumen, seperti:
Pantun 1 :
Di taman ada banyak kumbang
Di kali banyak buaya
Janganlah ragu ataupun bimbang
Toko online ini bisa dipercaya
Pantun 2 :
Liburan ke pulau Bali
Jangan lupa datang ke pantai Dewata
Ayo beli di toko online kami
Barangnya cuma setengah harga
Pantun 3 :
Kamu jadian sama si dia
Padahal aku sudah menyukaimu
Kita toko online terpercaya
Siap menjual barang paling bermutu
5. Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online.
7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android .
Untuk penjualan buku lewat Online ini Penerbit ANDI harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Bahkan Penerbit ANDI berencana menyelenggarakan LOMBA FILM PENDEK bagi pelajar Indonesia.
Ada juga Pemasaran Buku Lewat Komunitas. Menurut Pak Agus, Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
2. Strategi pemasaran buku serangan Darat ( OF LINE)
Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini dikelompokkan berdasarkan target pasar yang dituju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Toko buku ini dipetakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Cara Strategi Promosi di toko buku modern:
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
Contoh Display Buku yang menarik.
Endang Ratna Juwita
Asal Bogor.
pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?
Dijawab melalui Voice Note oleh Pak Andi:
1. Jika buku sudah diterima oleh penerbit skala mayor, siapkan materi promosi dalam bentuk brosur, leaflet dan program on line dan kita harus ada penetrasi pasar secara masif. On line dan Of Line harus bergerak secara serempak.
2. Buku yang benyak peminatnya, jenis novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi , buku anak dan buku religi.
3. Ketebalan buku tidak berpengaruh signifikan, tapi isi sangat mempengaruhi daya beli pembaca.
Saya evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam
J2. Harus bisa memetakan peristiwa2 yang sedang viral/ sedang ngetrend. Lalu aktif di website yang bisa memberikan konten menarik langsung ke pemirsa, dan aktif di media sosial.
P3
Bunda Mahyla dari Malang
Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih 🙏🏻
P5
Ass...
Nama : eka hy asal padang pertanyaan saya:
Apakah ada tim yg bisa "membenahi" ejaan dan tulisan yg kurang baku sebelum diterbitkan di penerbit Andi?
J5. Jika naskah sudah diterima oleh penerbit, akan dikirim surat perjanjian. Baru ada tim untuk mengedit.
P6
Rosjida Ambawani - Ciamis
1. Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku oleh penerbit mayor Andi Offset ?
2. Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset dan lesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?
Lengkap dan mantap
BalasHapusTerimakasih Bund,🙏
HapusKomplit Bu
BalasHapus