Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris Selamat Datang di Pembelajaran Bahasa Inggris

Cari Materi Disini

Jumat, 10 Februari 2023

 


Judul               : Aku Ingin Menulis Buku

Resume ke      : 15

Gelombang     : 28

Tanggal           : 9 Februari 2023

Tema               : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber    : Yulius Roma Patandean, S.Pd.

Moderator       : Arofiah Afifi, S.Pd.

Omjay, the founder of KBMN PGRI 28 mengucapkan selamat malam kepada peserta pegiat literasi dan memotivasi untuk tetap melanjutkan perjuangan sampai akhir karena kita sudah sampai di separoh perjalanan menulis. Jumlah peserta di awal mencapai 1025 dan yang tetap bertahan sebanyak 944 orang.

The King of writing ini berharap agar tetap menjadikan menulis dan membaca  sebuah kebutuhan ibarat lapar jika tidak makan dan haus jika tidak minum.Kata Omjay lagi Bila kita mempunyai komitmen menulis, maka kumpulan tulisan di blog akan menjelma menjadi buku yang bermutu. Kita mengumpulkan sedikit demi sedikit tulisan yang berserakan di blog sendiri. Omjay tetap dengan mantranya MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI.

Bu Arofiah Afifi Yang akrab disapa dengan Ovi selaku moderator mengawali dengan kutipan:

 "Saat-saat yang paling menakutkan dalam menulis adalah tepat ketika kamu belum memulainya."(Stephen King).

"Jika ditanya, 'Bagaimana kamu menulis? Saya akan menjawab, satu demi satu kata.' (Stefen King)

Selanjutnya beliau mengatakan Tulis dan rangkai lah kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga membentuk suatu kisah  panjang yang disebut suatu karya. Mulailah menulis dengan perlahan-lahan dan yakinlah karyamu akan berhasil.

Materi malam ini yang bertema "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis" sangat cocok untuk memasuki gerbang kelulusan KBMN untuk menerbitkan buku, kata beliau. Kami diminta untuk berdoa sebelum masuk materi.

Bu Ovi memberikan rangkuman tentang manfaat menulis buku:

1. Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat.

Artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri.

2. Sebagai personal branding, sehingga memberi motivasi diri untuk lebih berkarya.

Juga memberi manfaat kepada orang banyak.

3. Sebagai bukti sejarah bawa kita pernah hidup di dunia ini

Bocoran tentang Narasumber pun diberikan oleh Bu Ovi. 


 Bapak Yulius Roma Patandean, S.PD

Adalah   sebagai penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi.

Narasumber kita ini  lahir di Salubarani, Tana Toraja, 6 Juli 1984. 

Ia menyelesaikan jenjang  S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007). 

Melanjutkan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

Beliau merupakan guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja sejak tahun 2015

Pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah:

Guru berprestasi jenjang SMA Kabupaten Tana Toraja tahun 2016, 

Pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017, 

Meraih dua medali emas dan tiga medali perunggu pada ajang Gurulympics PGRI tahun 2020.

Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd yang merupakan alumni KBMN gelombang 9.hadir  mengucapkan salam dan mengatakan bahwa grup KBMN PGRI 28 ini adalah dalam rangka menjalankan komunikasi online  lewat media sosial untuk menuntaskan satu program yang mulia, Menulis dan Menerbitkan Buku.

Menurut beliau:

-Menulis adalah sesuatu yang unik ketika baru dimulai apalagi kalau belum terbiasa.

menulis adalah sesuatu yang membuat ketagihan 

- Menulis harus dibiasakan setiap hari

Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, dirasakan, dibayangkan dan bahkan dialami bisa dituliskan. Jika khawatir ide di kepala mudah hilang, mari tuliskan ide melalui blog. Selain menulis di blog pribadi, saya juga kembali menulis di blog Kompasiana.

Sebagai pengalaman dari narasumber untuk menerbitkan buku solo yang pertama yng berjudul "Guru Menulis Guru Berkarya", kontennya adalah kumpulan dari materi-materi yang disampaikan para narasumber di grup WA , dan tertantang oleh Prof. Richardus Eko Indrajit yang meminta peserta untuk menulis dalam waktu satu minggu.

Berikut adalah buku yang berjudul "Digital Transformation"  hasil dari tantangan menulis tersebut yang bisa diperoleh di berbagai toko online. 


Buku berikut masih dibawah tantangan Prof. Eko yang berhasil Pak Roma  buat  dengan judul "Flipped Classroom".


Penyusunan dan pengeditan naskah buku tersebut dilakukan secara otodidak oleh Pak Roma. Beliau menggunakan versi gratis tanpa aplikasi yang ada pada Ms. Word. Sebenarnya ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada Zotero dan Mendeley yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dan beliau meyakini teman-teman guru hebat yang ada di grup ini sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Pak Roma lalu membagikan link tentang cara memasukkan daftar isi, kutipan, indeks, dan daftar pustaka secara otomatis yaitu :
https://youtu.be/eePQwyHAcjw
https://youtu.be/mS8bfNZT-rA
https://youtu.be/jXPr59aWJSc

Selanjutnya kami diminta praktek membuat setingan judul, Bab hingga menyisipkan sumber tulisan menggunakan fasilitas yang ada di Ms Word. Percobaan mendorong teman-teman untuk berbuat lebih untuk menjawab rasa penasaran. Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan? Jika hendak melanjutkan, maka LAKUKAN dengan segera. Praktekkan sekaligus, biarkan mengalir bersama jari-jari mungil teman-teman. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan saya tulis, susun dan terbitkan. demikian kata Pak Roma.

Beliau menambahkan #Ketika Menulis harus menjadi sebuah budaya. Maka, BUDAYAKAN!  bersama dengan praktek menyusun dan mengedit naskah. Menghasilkan sebuah karya tulisan sederhana tidak bisa tercapai dengan maksimal jika didorong oleh paksaan. Membudayakan menulis adalah proses menuju karya.

#KONSISTEN adalah langkah pamungkas dalam teori menulis, menyusun dan mengedit naskah yang selama ini saya lakukan. Budaya menulis yang baik adalah ketika kita menjadi konsisten dalam mempraktekkannya, ujar Pak Roma.

Saya ingin mengabadikan pertanyaan teman- teman dan jawaban moderator pada materi malam ini karena sangat membantu saya untuk memahami langkah-langkah dalam penyusunan buku.

P1
Izin tanya: milma dari Bengkulu.

Bagaimana Menemukan ebook gratis yang bisa dimasukkan ke mendeley?
Dan jika  Doi dari jurnal terkunci...bisakah membukanya dg gratis ?
Mohon tipsnya pak Roma

Jawab #P1
Halo bu Milma..selamat malam dan salam kenal ya.
Caranya sangat gampang bu. Masuk ke pdfdrive. Di sana ada ribuan bahkan jutaan buku-buku online dengan versi Gratis untuk kita gunakan. Pdfdrive adalah perpustakaan portable saya. Ini linknya: https://www.pdfdrive.com/

Nah, terkait DOI jurnal terkunci, maka kita harus mengikuti petunjuk/anjuran/aturan dari penerbit jurnal tersebut. Biasanya berbayar, makanya tertutup. Saya baru sekali menggunakan Mendeley dan Zotero, jadi kurang familair lagi. Sudah terlanjur suka versi Ms Word 😊

P2. 
Assalamualaikum, nama saya Dewi Indria dari Kalteng. ijin bertanya apakah sistematika penulisan ini berlaku untuk penulisan non fiksi atau juga karya fiksi? Kalau memang untuk keduanya, sistematika penulisan yang benar utk buku fiksi seperti apa? Terimakasih

Jawab #P2 
Waalaikum salam bu Dewi Indria, kebetulan saya sudah menulis buku fiksi dan non fiksi. Metode di Ms Word itu yang saya gunakan. Langkah-langkahnya sama. Yang membedakan adalah pengisian Indeks dan Daftar Pustakanya.

P3. Latifah jakarta 

Pak Roma. Saat ini saya menulis menggunakan gawai alias hp.

Karma masih baru dan tidak menemukan fitur selengkap leptop

Kiranya ada saran aplikasi untuk membantu saya menulis buku dari hp dan gratis 😊🙏 
Terimakasih pak Roma 

Jawab #P3
Hi, ibu Latifah. Aplikasi menulis paling populer di android adalah Wattpadd. Ibu bisa mencobanya. Atau bisa juga mencoba Gramedia Writing Project, Writer Tools, Writer Plus, Novelist, dll.
Silahkan dicoba bu. hehehe.

P4.

Evridus Mangung  Jika buku kita adalah kumpulan artikel yang ditulis di blog dari hasil resume KBMN gel 28.. bagaimana menyusun judul dan babnya. sementara setiap pertemuan dibahas masing-masing tema yang berbeda.

Jawab #P4 

Hello pak Evridus Mangung. Langsung praktekkan saja pak di Ms Word berikan judul sesuai judul materi tiap pertemuan. Tinggal mengurutkan yang sama atau mirip topiknya. Sehingga naskah bukunya menjadi buku solo bentuk Bunga Rampai.

P. 5. 

Assalamu'alaikum.. Selamat malam.. Saya yulis Setyaningsih dari Banyuwangi.. Ijin bertanya:

1.Apakah menulis di buku sistematika penulisannya sama dengan kita menulis non fiksi di blog pak? 

2.Apakah bisa sharing chat ke pak Yulius jika ada hal2 yang ingin kami tanyakan lebih lanjut tekait materi malam ini? 

Terima kasih.. 🤲


Contoh judul buku Solo pertama saya, kontennya dari artikel di program belajar menulis. Ini saya sistematiskan menggunakan Ms. Word.

P. 5. 

Assalamu'alaikum.. Selamat malam.. Saya yulis Setyaningsih dari Banyuwangi.. Ijin bertanya:

1.Apakah menulis di buku sistematika penulisannya sama dengan kita menulis non fiksi di blog pak? 

2.Apakah bisa sharing chat ke pak Yulius jika ada hal2 yang ingin kami tanyakan lebih lanjut tekait materi malam ini? 

Terima kasih.. 🤲

Jawab #P5

Hi, ibu Yulis Setyaningsih. Hampir jadi Yulius 😊

1. Menulis di blog sebenarnya bebas, tinggal mengikuti tools yang ada di template sehingga lebih teratur dan menarik untuk dibaca. Bagi saya metode menulis buku sedikit berbeda dengan menulis di blog. Uniknya, naskah di blog, bisa dijadikan naskah buku dan naskah buku bisa dijadikan resensi di blog.

2. Silahkan bu, dengan senang hati. Bahkan dibantu ngedit pun boleh. Bayarannya 3M: makasih makasih makasih 😁

Saya lampirkan salah satu naskah buku dari seorang dosen yang saya edit dan sudah diterbitkan.



P6
 Assalamu alaikum wr wb
Ibu Samsinar_Jakarta (biar tidak salah sebut🤭)
1. Apa alasan bapak memilih Microsoft Word yang gratisan?
2. Mohon tips/cara mudah agar dapat memulai kata-kata saat memulai menulis? Karena kadang sulit memulai merangkai tulisan.
Terima kasih ibu cantik

Jawab #P6
Hi, selamat malam ibu Samsinar 
1. Alasan utamanya adalah mudah diaplikasikan dan terdapat di mana-mana, tak butuh internet untuk menggunakannya. Fasilitas ad di semua vers Ms Office.
2. Tipsnya: langsung tuliskan saja. Biarkan tidak beraturan, nanti ada waktu luang untuk membaca dan mengurutkannya dengan baik. Mulailah dari apa yang dilihat. pakai bahasa sederhana saja, seperti bahasanya Omjay kalau menulis #renyah 😊

P7.
Ijin bertanya 
Dari : Mastoyah (Demak-Jawatengah)
Saya beberapa x bahkan sering baca karya teman2 hebat disini..
Saya juga bingung mau menulis apa dan memulai dari mana, minder juga sama temen2...
Adakah tips2 nya untuk memulai menulis...terimakasih

Jawab #P7
Hi ibu/bpk Mastoyah, 
Tipsnya: CLBK
Percaya diri, yakinkan diri bahwa saya bisa. Tak mungkin saya berpelukan dengan Omjay di Jakarta jika tanpa menulis. jauh-jauh Omjay dari Bekasi malam-malam untuk menmui saya. Tiada duanya. Tambahan lagi Prof. Eko bersua saya. Seperti mimpi. Karena menulis kami dan kita semua seperti keluarga. 
Mulailah apa adanya, apapun yang dituliskan adalah sebuay pencapaian yang laur biasa dan pasti ada penikmatnya sendiri. Tak ada tulisan yang tak bernilai, hanya menunggu jodohnya untuk dibaca, seperti tulisan di blog. Awalnya sepi-sepi pembaca...sebulan kemudian sudah ratusan atau bahkan ribuan pembaca. 😁

Izin bertanya.
1. Bila kita membukukan tulisan kita dari blog apa nanti tidak termasuk plagiat meski dari blog pribadi??

2. Bagaimana triknya agar bisa menulis cepat seminggu menjadi buku.?


Jawab #P8

Hi, pak Amin

1. Tentu tidak. Cantumkan tautan/link tulisan pak Amin dari blog.

2. Konsisten dan luangkan waktu, gabungkan referensi dari pengalaman pribadi dengan referensi dari sumber lain seperti internet, surat kabar, youtube dll. Berikut ini contoh tautan dari blog sendiri.


P 9
Halooo
Saya pak Wigung dari gunung kidul.
Nulis buku fiksi dan non-fiksi itu apa perlu dalam jumlah tertentu. Dan apa mesti pakai pustaka.
Kisah perjalanan itu masuk fiksi apa non-fiksi?
.. trims

jawab #P9
Halo pak Wigung. 
Menulis buku apa saja versi UNESCO minimal 40 halaman. Tapi saya sarankan minimal 70 halaman ukuran kertas A5. Kalau 40 halaman masih terlalu tipis, penerbit tentu berpikir juga untuk mencetaknya. Buku Non Fiksi sebaiknya pakai Daftar Pustaka karena bersifat ilmiah sementara fiksi tidak wajib. Kecuali fiksi dalam bentuk kumpulan puisi/cerpen...jika ada yang dikuti dari sumber lain, sebaiknya dicantumkan agar tidak tergolong plagiasi.

P 10. Selamat malam pak Yulius,

Ijin bertanya.

Untuk membuat kerangka tulisan tulisan yang bagus dari sebuah judul yg kita pilih, langkah apa yang sebaiknya kita lakukan agar menarik Mina baca para pembaca.

Matornuwon

Musiroh Muki, Sidoarjo.

Jawab #P10

Selamat malam pak Musiroh Muki,

Buat tulisan dengan bahasa yang unik dan mudah dipahami pembaca. Urutkan judul/bab/sub bab yang memiliki kaitan sehingga ketika dibaca dari satu bagian ke bagian saling melengkapi. Intinya, percaya diri dengan tulisan sendiri.

Pak Roma mengakhiri kelas malam ini dengan sebuah motivasi "Yakinlah dengan kemampuan teman-teman semua. Pantang mundur dari program ini. Menulislah, tuliskan apa saja dan terbitkan bukumu. Jadilah bagian dari peradaban. Boleh miskin harta dan jabatan, tapi bersiaplah kaya ilmu, kaya teman dan menjadi sejarah lewat program menulis ini. Sekian dari saya. BONGI MELO LAKO KITA SOLA NASANG (Selamat malam buat kita semua). 😁".

Mudah-mudahan semangat dari narasumber menjalar kepada kami para peserta yang benar-benar ingin menyelesaikan KBMN 28 ini sampai pertemuan yang ke 30 sehingga bisa melahirkan buku solo yang kami impikan.

Hari telah menunjukkan jam 01:03 di jam saya, waktunya untuk mengakhiri tulisan ini . Saya memang terlambat masuk kelas malam ini karena ada kegiatan membezuk teman sakit . Semoga Allah tetap memberi saya kesehatan dan kekuatan untuk melanjutkan meresume materi-materi selanjutnya. Aamiin.






1 komentar: